Tugas 7 - Membuat Aplikasi Animated Water Bottle

Nama : Afiq Akram

NRP : 5025201270

Kelas : PPB I

Tahun : 2024

Membuat Aplikasi Animated Water Bottle

Pada blog ini, kita akan menciptakan sebuah aplikasi animasi botol yang menggemaskan menggunakan Jetpack Compose. Aplikasi ini akan didasarkan pada tutorial yang tersedia di YouTube, tetapi akan mengalami beberapa modifikasi pada kode dan fitur. Mari kita mulai dengan membuat proyek baru.

Langkah pertama adalah membuat proyek baru dengan menggunakan template Empty Activity, dan beri nama proyek sesuai keinginan. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan nama "MyWaterBottle". Pastikan untuk menetapkan minimum SDK ke API 26 (Oreo Android 8.0) atau yang lebih tinggi. Setelah proyek dibuat, tambahkan file Kotlin baru ke dalam folder com.example.mywaterbottle, pilih tipe File, dan beri nama file tersebut WaterBottle.

WaterBottle.kt

Komponen WaterBottle memiliki beberapa parameter penting yang menentukan tampilan dan fungsi botol air tersebut. Parameter-parameter tersebut mencakup totalWaterAmount yang menunjukkan jumlah total air dalam botol, unit yang menentukan satuan untuk total air tersebut, dan usedWaterAmount yang mencatat jumlah air yang telah diminum. Ada juga parameter opsional seperti waterColor untuk mengatur warna air dalam botol, bottleColor untuk warna botol, dan capColor untuk warna penutup botol.

Dalam komponen ini, kami menggunakan Canvas untuk menggambar botol air, yang merupakan elemen kunci dalam menciptakan tampilan visual yang akurat dan menarik. Animasi juga dimasukkan ke dalam desain dengan mengatur efek animasi pada tingkat air yang berubah. Kami menggunakan fungsi animateFloatAsState dan animateIntAsState untuk mengontrol animasi tersebut. Path digunakan untuk menentukan bentuk botol air, sementara drawPath mengisi botol dengan air sesuai jumlah yang ditentukan, dengan warna yang disesuaikan berdasarkan parameter waterColor.

Selain menampilkan botol air dan mengatur animasi perubahannya, komponen ini juga menyertakan teks yang menampilkan jumlah air yang telah diminum. Warna teks dan animasi perubahan jumlah air disesuaikan dengan tingkat air dalam botol. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah melihat dan memantau seberapa banyak air yang telah diminum secara visual melalui tampilan komponen ini. Integrasi antara elemen-elemen ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih menyeluruh dan menarik dalam menggunakan aplikasi Water Bottle.

Langkah selanjutnya adalah memodifikasi file MainActivity.kt sesuai kebutuhan.

MainActivity.kt


Dokumentasi






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekursif - Tower of Hanoi

Konsep dan Pemakaian Array

Implementasi Stack