Tugas 9 PPB - Membuat Aplikasi Woof
Nama : Afiq Akram
NRP : 5025201270
Kelas : PPB - I
Tahun : 2024
Membuat Aplikasi Woof
Starter Project
Pada halaman tutorial, kita diberikan proyek awal yang berisi berbagai sumber daya yang diperlukan, seperti gambar dan data informasi. Anda dapat mengunduhnya dari GitHub pada cabang "starter". Kita akan memulai dengan memodifikasi proyek awal tersebut.
Menambahkan Warna
Untuk menyusun warna yang baik, kita bisa menggunakan bantuan dari website ini. Dalam proyek awal kita, sudah tersedia file Color.kt di folder ui.theme.
Untuk menyusun warna yang baik, kita bisa menggunakan bantuan dari website ini. Dalam proyek awal kita, sudah tersedia file Color.kt di folder ui.theme.
Perlu diingat bahwa penamaan warna dimulai dengan nilai alpha, di mana 00 berarti opasitas minimum (transparan total), sedangkan ff berarti opasitas maksimum (solid penuh). Pada file Color.kt inilah kita menentukan warna untuk masing-masing tema gelap dan terang.
Pada file ini, kita mendefinisikan variabel untuk menyimpan daftar warna untuk tema gelap dan terang. Selain itu, kode ini juga memiliki metode composable WoofTheme, di mana penentuan penggunaan tema dilakukan. Variabel dynamicColor menentukan apakah aplikasi akan mengikuti pengaturan tema gelap/terang dari Android atau menggunakan pengaturan kustom kita sendiri. Jika bernilai TRUE, maka akan menggunakan pengaturan bawaan Android. Pada fungsi MaterialTheme, kita memanggil beberapa parameter yang telah kita definisikan: colorScheme untuk warna, Shapes dari file Shapes.kt, dan Typography dari file Type.kt. Penjelasan lebih lanjut tentang shape dan typography akan dibahas pada bagian berikutnya.
Mengubah Bentuk
Dilakukan perubahan pada file Shape.kt dan MainActivity,kt untuk merubah bentuk card anjing sehingga lebih enak dipandang, yakni dengan membuat tampilan sudut yang rounded. Pada Shape.kt sumber kode menjadi seperti ini:
Pada file ini kita mendefinisikan bentuk untuk tipe small dan medium. Variabel ini berikutnya dapat kita panggilpada DogIcon di MainActivity dengan cara berikut .clip(MaterialTheme.shapes.small).
Menambahkan tipografi
Kita perlu mendownload file font style pada google font dan mencari Montserrat dan Abril Fatface. Untuk montserrat kita menggunakan Bold dan Regular, ubah nama file menjadi montserrat_bold.ttf dan montserrat_regular.ttf. Sedangkan untuk Abril Faface menjadi abril_fatface_regular.ttf. Buatlah folder font pada folder res dengan cara berikut: klik kanan pada res, New, Anroid Resource Directory, lalu pilih ubah nama direktori menjadi font, dan tipe resource menjadi font. klik OK. Pindahkan file .ttf ke direktori font yang baru saja dibuat. Lalu kita memodifikasi sumber kode Type.kt untuk menggunakan font yang kita inginkan.
Menambahkan panel atas / header
Lakukan modifikasi sumber kode MainActivity.kt menjadi berikut:
HASIL
Komentar
Posting Komentar