Tugas 11 - ViewModel and State in Compose

Nama : Afiq Akram
NRP : 50252012070
Kelas : PPB-I
Tahun : 2024


ViewModel and State in Compose

Tugas kali ini yaitu membuat aplikasi game Unscramble menggunakan Jetpack Compose dan ViewModel dari library Android Jetpack. Tugas ini mengikuti panduan dari tutorial ViewModel and State in Compose pada Website Android Developer. Tugas ini mengikuti panduan dari tutorial ViewModel and State in Compose. Panduan tersebut akan membantu kita dalam mengatur proyek, memahami arsitektur, dan mengimplementasikan fungsionalitas game.

Deskripsi Proyek

Aplikasi Unscramble adalah permainan kata tunggal dimana pemain harus menebak kata yang diacak. Aplikasi ini menampilkan kata yang diacak, dan pemain harus menebak kata yang benar menggunakan semua huruf yang tersedua. Poin diberikan untuk setiap tebakan yang benar, dan aplikasi akan melacak jumlah kata yang berhasil ditebak. Setiap permainan terdiri dari 10 kata.

MainActivity.kt
Menginisialiasi aplikasi dan mengatur konten menggunakan Jetpack Compose.

GameScreen.kt
Pada file ini berisi composable utama yang menampilkan UI game.

GameUiState.kt
Mendefinisikan keadaan UI game.

GameViewModel.kt
Berisi logika game dan data.

WordsData.kt
Berisi daftar kata-kata yang benar dalam game.


Logika Game
1. Reset Game:
resetGame() di ViewModel akan menginisialisasi  ulang data game.

2. Update Tebakan
updateUserGuess() untuk memperbarui tebakan pengguna.

3. Memeriksa Tebakan 
checkUserGuess() untuk memeriksa apakah tebakan

4. Melewatkan Kata:
skipWord() untuk skip kata saat ini.

5. Memperbarui Keadaan Game:
Fungsi updateGameState() untuk mengupdate/memperbarui keadaan kondisi game.

6. Mengacak Kata:
shuffleCurrentWord() berguna untuk mengacak saat ini.

7. Memilih Kata Acak dan Mengacak:
pickRandomWordAndShuffle() untuk memilih kata acak dan mengacaknya.

Hasil :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekursif - Tower of Hanoi

PBKK Quiz CI - Aplikasi Pemesanan Tiket

Konsep dan Pemakaian Array